jangan berfikir kapan akan kembali, fikirkanlah apa yang akan engkau bawa pulang

Selasa, Januari 19, 2010

Sabar

Sesungguhnya orang yang berakal sempurna ialah orang yang bersabar terhadap segala macam kesulitan, juga sanggup menghadapinya dengan hati yang tabah dan teguh. Orang yang berakal sempurna bukanlah orang yang mudah bingung ketika menghadapi kesulitan dan selalu gelisah.
Jiwa orang yang cerdik itu di dalamnya mesti ada sifat atau watak yang tenang dan sabar. Ia berusaha dengan tenang dalam menyingkirkan bencana yang menimpa dirinya dan tidak bingung dalam mencegah bencana itu.
Adapun jiwa orang yang bodoh itu selalu bingung tiap kali menghadapi kesulitan, meskipun itu sangat kecil. Sebab, ia telah meyakini bahwa dirinya tidak sanggup menghadapinya dan tidak mampu menolaknya. Dia merasa tidak bisa membebaskan diri dari persoalan yang dihadapinya. Itulah perbedaan antara dua jiwa manusia.
Wahai generasi muda, jadilah engkau orang-orang yang cerdik dan sabar. Hal itu bisa dicapai dengan membisakan diri mengerjakan hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal yang jelek, menghias diri dengan sifat-sifat manusia yang sempurna dan bersikap jantan. Hal yang emikian itu mudah bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah senang pada kemuliaan, sehingga ia menanggalkan semua baju dan atribut kehinaan, tidak menuruti keinginan-keinginan jiwa bodohnya dan akan menarik cita-cita jiwanya yam mulia.
Dengan demikian dia dapat keluar dari lingkungan pola hidup seperti binatang, menuju lingkungan kehidupan moral normlal. Allah swt akan memberi balasan kepada orang yang sabar dalam mendidik jiwanya dan akan mengangkat derajat mereka, sama dengan derajat orang-orang yang mendapat hidayah dan menyelamatkan mereka dari kedudukannya yg tidak jelas.
Hendaklah kita bersabar dalan mendidik jiwa kita semua. Sebab sesungguhnya hal itu meoebabkan kebahagian dunia dan akhirat.

3 komentar

ekaspirit 19 Januari 2010 pukul 15.54

kuk tempaletnya sama dengan punya eka duluw.....
hijau itu indah kan...hehehehehhehe

bin Latief 21 Januari 2010 pukul 01.40

ni q ganti lagi ka.

ekaspirit 17 Februari 2010 pukul 16.02

HOHOHO........

ini lebih baguzzzz........

sederhana...alias simple...tapi enak......

enak di lihat..
enak untuk dibaca.....^^

Posting Komentar